Selasa, 18 Februari 2014

Kegiatan SOL 2014 MTsN Legok



KEGIATAN STUDY OBSERVASI LAPANGAN (SOL)
MTSN LEGOK KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2014
KE LUBANG BUAYA DAN TMII JAKARTA
 
Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Legok beserta guru dan peserta didik

Pagedangan (31/01- 2014). Sebagai upaya untuk menambah pengetahuan dan wawasan para siswanya, terutama pada mata pelajaran IPS dan Al-Qur’an Hadis, MTsN Legok Kabupaten Tangerang mengadakan Study Observasi Lapangan (SOL). Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis, tanggal 30 Januari 2014, diikuti oleh siswa kelas VII dan kelas VIII tahun pelajaran 2013/2014. Tempat yang dikunjungi adalah Musim Lubang Buaya atau Musim Pancasila Sakti Jakarta dan Musim Bayt Al-Qur’an dan Musim Transportasi Taman Mini Indonesia Indah Jakara.
Dari kegiatan ini, diharapkan para peserta didik, terutama kelas VII dan kelas VIII akan bertambah pengetahuan dan wawasannya, bukan hanya sekedar teori, seperti yang mereka telah dapatkan di dalam kelas, terutama dalam mata pelajaran IPS dan mata pelajaran Al-Qur;an Hadis. Di samping itu, para peserta didik dapat melihat langsung objek yang mereka lihat, sehingga mereka dapat merasakan sendiri peristiwa sejarah yang telah terjadi di Indonesia dan akhirnya akan muncul rasa cinta tanah air atau nasionalime.
Sebelum para siswa berangkat ke tempat tujuan, mereka dilepas secara resmi oleh Bapak Drs.Irawan Faisal, selaku Kepala MTsN Legok Kabupaten Tangerang. Dalam kegiatan tersebut Drs.Irawan Faisal berharap agar para siswa dapat bertambah pengetahua dan wawasannya, baik dalam mata pelajaran IPS dan Al-Qur’an Hadis sehingga tidak hanya tahu teorinya saja, melainkan juga melihat langsung objeknya.
Sebagai tempat pertama yang dikunjungi oleh siswa yaitu Musium Lubang Buaya atau Musium Pancasila Sakti Jakarta. Di sana para siswa dipandu langsung oleh para guide/pemandu tentang peristiwa G30S PKI. Mereka juga langsung melihat benda-benda dan peristiwa yang berkaitan dengan kekejaman G30 S PKI. Mereka melihat-lihat diorama, patung 7 Pahlawan Revolusi dan juga sumur maut yang dikenal Sumur Lubang Buaya. Akhirnya, mereka diajak oleh para guide/pemandu ke Musium Pengkhianatan PKI. Di sana para siswa melihat-lihat diorama tentang kekejaman PKI.
Tempat berikut yang dikunjungi oleh para siswa, yaitu Musium Bayt AlQur’an dan Musium Istiqlal Jakarta. Di Musium ini para peserta didik diberikan informasi tentang sejarah berdirinya Musium Bayt Al-Qur’an dan Musium Istiqlal, yang disampaikan langsung oleh para guide atau pemandu. Setelah itu, para peserta didik dibawa oleh para guide atau pemandu ke dalam museum. Di sana para peserta didik melihat-lihat model-model Al-Qur’an, baik yang ditulis oleh tangan atau yang dicetak dengan mesin.
Sebagai tempat atau objek terakhir kunjungan, yaitu Musium Transportasi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Di museum ini, para peserta didik melihat-lihat dan mencatat informasi yang berhubungan dengan alat transportasi, baik darat, laut, dan udara dari yang tradisional sampai modern. Tidak kalah menariknya, mereka langsung masuk dan melihat-lihat pesawat terbang Garuda Indonesia Air Way jenis DC 9 yang ada di Musium Tranlasportasi.
Setelah kegiatan tersebut, para peserta didik dan guru-guru pembimbing diberi waktu untuk rekreasi selama kurang lebih 1,5 jam. Mereka begitu menikmati suasana rekreasi tersebut. (Laporan: Dede Saroni, M.Pd.)


         Para Peserta Didik MTsN Legok sedang mendengarkan informasi dari para guide/pemandu




                   Para Peserta Didik MTsN Legok sedang mendengarkan informasi dari para guide/pemandu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar