Senin, 17 Februari 2014

Diklat Kurikulum 2013 sesi 3-4



MTSN LEGOK KABUPATEN TANGERANG
MENGADAKAN KEGIATAN DIKLAT KURIKULUM 2013  
BAGI TENAGA PENDIDIK 
 Foto: Drs. Irawan Faisal, Kepala MTsN Legok (tengah), Girmono, M.Ag., pengawas (kiri), dan DR. Juanda Kasim, M.Ed., widyaiswara (kanan)
Pagedangan-Tangerang (18/10-2013). Setelah sesi pertama dan kedua dari kegiatan Diklat Kurikulum 2013 di MTsN Kabupaten Tangerang, dilanjutkan sesi ketiga dan keempat. Kegiatan sesi ketiga dan keempat diadakan di tempat yang sama, yaitu di aula MTsN Legok Kabupaten Tangerang pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 16 dan 17 Oktober 2013. Sebagai peserta adalah peserta yang telah mengikuti Diklat tersebut pada sesi pertama dan kedua, semua tenaga pendidik MTsN Legok, baik PNS dan Non-PNS serta perwakilan kepala madrasah, wakil bidang kurikulum, dan wakil guru-guru se-KKM MTsN Legok Kabupaten Tangerang. Juga dihadiri oleh Kepala MTsN Legok, Bapak Drs. Irawan Faisal dan Pengawas, Bapak Girmono, M.Ag. Sebagai narasumber atau widyaismara dalam kegiatan Diklat Kurikulum 2013 sesi ketiga dan keempat tersebut yaitu DR. Juanda Kasim, M.Ed., dari Balai Diklat Keagamaan Jakarta.
Dalam sambutannya, Drs. Irawan Faisal mengharapkan agar kegiatan Diklat Kurikulum 2013 ini diikuti dengan baik karena mau tidak mau kita sebagai tenaga pendidik harus melaksanakan kurikulum 2013 ini. Beliau mengharapkan agar kita terus mengawal kurikulum ini dengan baik, yang pada akhirnya akan membawa perubahan dan mengubah mindset guru untuk menjadi tenaga pendidik yang kreatif dan inovatif.
Sementara itu, Bapak Girmono, M.Ag., selaku pengawas, mengapresiasi kegiatan Diklat Kurikulum 2013 ini. Di samping itu, beliau juga menyampaikan informasi kepada anggota KKM MTsN Legok, khususnya berkaitan dengan Verval NUPTK.
Selanjutnya, sebagai acara ini, dibawakan oleh DR. Juanda Kasim, M.Ed., selaku widyaiswara. Pada sesi ketiga beliau menyampaikan materi tentang perangkat pembelajaran, yaitu RPP. Beliau menyampaikan konsep-konsep tentang penyusunan RPP untuk kurikulum 2013. Beliau juga menyampaikan contoh-contoh RPP kurikulum 2013, dilanjutkan dengan diskusi permata pelajaran. Para peserta yang sudah dikelompokkan permata pelajaran berdiskusi untuk merancang RPP kurikulum 2013.
Pada sesi keempat, yang diadakan pada hari Kamis, tanggal 17 Oktober 2013, DR. Juanda Kasim, M.Ed. masih Melanjutkan pembahasan tentang RPP lalu dilanjutkan dengan pembahasan tentang penialaian. Selanjutnya, para peserta yang sudah dikelompokkan permata pelajaran melanjutkan diskusi kelompok untuk menyusun RPP dan perangkat penilaian.
Di akhir kegiatan Diklat, para peserta mempresentasikan RPP dan perangkat penilaian di depan para peserta yang lain. Yang mempresentasikan dalam kesempatan itu, dari mata pelajaran bahasa Inggris, yang diwakili oleh Minarni, S.Pd., mata pelajaran bahasa Indonesia, yang diwakili oleh Dede Saroni, M.Pd., dan mata pelajaran IPA, yang diwakili oleh guru dari MTs Nurul Islam Cisauk. Kegiatan ini, direspon dengan baik oleh seluruh peserta, mereka dengan semangat memberikan masukan terhadap RPP dan perangkat penilaian yang dipresentasikan. (Oleh: Dede Saroni, M.Pd.)
 

   Drs. Irawan Faisal, Kepala MTsN Legok, sedang menyampaikan sambutan
  

 Girmono, M.Ag., pengawas, sedang menyampaikan arahannya
 

 DR. Juanda Kasim, M.Ed., sedang menyampaikan materi Diklat
 

 Para peserta Diklat  (doc: dede saroni)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar